Selasa, 12 April 2016

Dunia Perkuliahan (Kampus)

Dunia Perkuliahan (Kampus)

Kali pertama, saya merasa terkejut ketika baru saja masuk di bangku perkuliahan. Sebab, tak seindah dan semudah yang dibayangkan ketika sudah di Perguruan Tinggi (PT). Ada masa PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru), dan OSJUR (Ospek Jurusan) selama lebih kurang 2 bulan lamanya. Tidak hanya itu saja, tugas yang harus dikumpulkan. Dikarenakan banyaknya tugas sampai hanya tidur tidak lebih dari 3 jam sehari. Meskipun saya merasa capek karna pukul 05:00 wib dini hari harus sudah sampai di kampus, belum lagi perlengkapan atribut, kerja kelompok, dan menyelesaikan tugas-tugas, tetapi saya merasakan pengalaman yang tak kan terlupakan. Dan menurut saya itu masih tahap permulaan, karna belum dimulainya masa aktif perkuliahan. Saya harus tetap semangat demi impian saya menjadi seorang pendidik, dan karna orang tua saya yang sudah bekerja keras demi menguliahkan saya.
Hari demi hari berganti, menjadi bulan. Tak terasa kini saya sudah semester 2. Saya sudah mulai terbiasa mengerjakan tugas yang diberi oleh dosen.  Walau, kadang kala saya masih sulit manage waktu ketika mengerjakan tugas abstrak, makalah, jurnal membaca, power point dan kerja kelompok. Belum lagi ketika ada kegiatan di kampus maupun luar kampus seperti mengikuti seminar, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Lambat laun pastinya saya akan terbiasa menjalankan rutinitas saya sebagai mahasiswa. 
Dunia perkuliahan akan menjadikan kita seorang yang berkembang baik secara intelektual, maupun hubungan sosial baik dengan teman kampus maupun warga masyarakat. Karena mahasiswa tidak hanya sekadar main-main, tetapi harus banyak membaca literature dan bersosialisasi dengan orang lain. Bersosialisasi dengan banyak orang akan menjadikan kita memiliki relasi tidak hanya dari prodi/jurusan saja, tetapi bisa dengan beda jurusan.


Kini ku mengenal mereka teman sekaligus sahabat baru PB 2015 (Pendidikan kelas B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
"MENJADI ORANG YANG BERPENDIDIKAN TINGGI ITU PERLU, JANGAN PERNAH MENYERAH UNTUK TERUS BELAJAR HINGGA KAMU MEMPEROLEH BANYAK WAWASAN." (Maulidia, 2016)
Surabaya, 12 April 2016

1 komentar: